Daily Analytics - Dec 15, 2022
View PDF
15 Dec 2022

MACRO WRAP

Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp651,8 T Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan realisasi belanja produk dalam negeri (PDN) oleh pemerintah dan BUMN mencapai Rp651,8 triliun dari target Rp400 triliun. Sekitar 15% dari realisasi tersebut untuk belanja UMKM. Tingginya realisasi belanja Produk Dalam Negeri (PDN) tidak terlepas dari besarnya Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kerja sama yang begitu erat antar semua stakeholder menyebabkan serapan belanja PDB bisa melampaui target. Target belanja PDN dalam negeri akan berdampak pada 2 juta lapangan kerja dan dampak pada pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,72%. (Investor.id)

Kenaikan Suku Bunga The Fed akan Lemahkan Mata Uang Negara Berkembang Kemenkeu menyatakan jika Bank Sentral (Federal Reserve) Amerika Serikat (AS) menaikan suku bunga acuan lagi, mata uang dollar AS akan meningkat. Namun saat yang sama akan terjadi pelemahan mata uang di negara berkembang termasuk Indonesia. Jika terjadi kenaikan suku bunga acuan The Fed, tingkat imbal hasil instrumen yang memakai dolar AS juga akan meningkat yang akan mendorong investor untuk memilih instrumen dengan suku bunga yang lebih tinggi. (Investor.id) 


MARKET WRAP

DJIA (-0.42%), S&P500 (-0.61%), Stoxx600 (-0.02%), DAX (-0.26%)

Meskipun kenaikan Fed Fund Rate yang sebesar 50 bps telah sesuai dengan konsensus pelaku pasar tetapi The Fed mengirimkan sinyal kenaikan di masa mendatang masih dapat lebih besar, setidaknya tambahan kenaikan 75 bps sampai akhir 2023 hingga tingkat inflasi benar-benar terkendali. The Fed melihat adanya potensi kenaikan tingkat pengangguran. Bursa Eropa juga ditutup melemah. Sektor utilitas dan real estate menjadi top gainer pada indeks Stoxx600, sedangkan sektor basic resources menjadi top loser. Pelaku pasar mencermati hasil rapat Bank of England, European Central Bank dan Swiss National Bank yang akan digelar hari ini. Harga minyak kemarin menguat setelah OPEC dan IEA memproyeksikan permintaan akan pulih tahun depan. Pada akhir perdagangan hari Rabu (14/12), IHSG ditutup melemah pada level 6,801.7 (-0.13%)


INDUSTRY & SECTOR

Menteri ESDM Promosi Program Konversi Motor Listrik ke Anggota Komisi VII DPR RI

Menteri ESDM mempromosikan program konversi motor conbustion engine menjadi motor listrik ke anggota Komisi VII DPR RI di penghujung Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dewan Energi Nasional (DEN). Program Konversi Motor BBM ke Listrik merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 terkait dengan Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Penggunaan motor listrik akan memberi penghematan yang besar bagi masyarakat dan negara dalam hal pengurangan devisa impor BBM atau crude. (Kontan.co.id)

Indonesia Resmi Ajukan Banding Atas Kekalahan Gugatan Nikel di WTO

Pemerintah Indonesia resmi mengajukan permohonan banding atas putusan panel Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang menyatakan kebijakan larangan ekspor dan hilirisasi bijih nikel domestik melanggar ketentuan perdagangan internasional. Banding pemerintah Indonesia atas kasus sengketa dengan Uni Eropa itu telah disampaikan ke WTO pada Senin (12/12/2022) seperti dilihat dari pengumuman sengketa dagang WTO. Upaya banding menjadi pembelaan lanjutan Pemerintah Indonesia atas laporan final panel pada 17 Oktober 2022 lalu yang menyatakan Indonesia terbukti melanggar ketentuan WTO Pasal XI.1 GATT 1994 dalam sengketa yang terdaftar pada dispute settlement (DS) 592. (Bisnis.com) 


STOCK NEWS

GOTO (-6.00%) Jual Saham AMRT Rp1,5 T

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), emiten digital terbesar Indonesia mengumumkan bahwa perseroan telah menyelesaikan penjualan saham yang dimilikinya pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart senilai Rp1,5 triliun. CFO Grup GoTo mengatakan, saham Alfamart menunjukkan kinerja yang kuat, sehingga memberi peluang bagi pihaknya untuk merealisasikan keuntungan yang signifikan dari investasi minoritas dari GOTO. Divestasi ini konsisten dengan strategi jangka panjang GOTO untuk fokus pada bisnis inti perseroan, sebagaimana yang pernah dipaparkan sebelumnya, termasuk pada paparan kinerja Q3 2022 perseroan di pertengahan November lalu. (Bisnis.com)

MDLN (-1.09%) Akan Rilis Proyek Properti Baru pada 2023

Emiten properti, PT Modernland Realty Tbk (MDLN) atau Modernland menyiapkan sejumlah proyek properti baru pada tahun 2023 mendatang. Perseroan akan terus berinovasi dan meluncurkan beragam produk, baik landed housing di Jakarta Garden City site A & C, maupun new shophouses yang tersebar di seluruh proyek Perseroan. GM Investor Relation and Corporate Secretary Modernland memandang tahun 2023 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi pasar properti. Di antaranya lantaran Bank Indonesia telah menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak empat kali dalam empat bulan berturut-turut, serta kebijakan insentif PPN untuk properti yang telah berakhir pada September 2022 lalu. (Kontan.co.id)

PTPP (-4.49%) Raih Kontrak Baru Rp27,4 T per November 2022

Emiten BUMN karya, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP) telah mencatat perolehan kontrak baru sampai dengan akhir November 2022 sebesar Rp27,49 triliun. Perolehan kontrak baru ini tumbuh 66,60% YoY dari sebesar Rp16,52 triliun. Dengan total raihan perolehan kontrak baru tersebut, PTPP optimistis dapat menembus target perolehan kontrak baru yang telah ditetapkan oleh manajemen, yaitu sebesar Rp31 triliun. Adapun, perolehan kontrak baru yang berhasil diraih oleh PTPP periode November 2022 didominasi oleh sektor Gedung sebesar Rp2,5 triliun, sektor Infrastrukur sebesar Rp873 miliar, dan kontribusi Anak Usaha sebesar Rp2 triliun, sebagian besar berasal dari sektor hauling road service pertambangan. (Bisnis.com)

WSKT (0.00%) Akan Tarik Utang Baru Rp1,7 T Tahun Depan

BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) menyisakan 45 proyek yang mendapatkan fasilitas kredit modal kerja (KMK) yang dijamin pemerintah dengan sisa plafon Rp2 triliun. Targetnya, Waskita akan menarik Rp1,7 triliun utang baru tahun depan. Waskita telah berhasil menyelesaikan 103 proyek berkat dukungan pemerintah. Angka tersebut merupakan bagian dari total 148 proyek yang mendapatkan fasilitas pendanaan kredit modal kerja (KMK) dengan penjaminan pemerintah sampai dengan Oktober 2022. KMK penjaminan merupakan fasilitas pendanaan yang diberikan perbankan kepada perseroan dijamin oleh pemerintah dengan total plafon sebesar Rp8,07 triliun dan bersifat revolving facilities. (Bisnis.com)